• Profil

    Secara geografis Desa Tirtomoyo terletak pada -8.230978 LS dan 112.902493 BT Topografi ketinggian desa ini adalah berupa daratan yaitu sekitar 550 m di atas permukaan air laut. Berdasarkan data BPS kabupaten Malang tahun 2009, selama tahun ini curah hujan di Desa Tirtomoyo rata-rata mencapai 55mm. Curah hujan banyak terjadi di bulan Desember hingga mencapai 402,02 mm yang merupakan curah hujan tertinggi selama kurun waktu 2013 s/d 2018.
    Secara administratif, Desa Tirtomoyo terletak di wilayah Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang dnegan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Arguyuwono, disebelah barat berbatasan dengan Desa Tawangagung, disebelah  selatan berbatasan dengan Desa Purwoharjo, sedangkan di sebeleha timur berbatasan dengan Desa Sidorenggo.tambahi peta wilayah
    Jarak tempuh Desa Tirtomoyo ke kecamatan adalah 3 km dan dapat ditempuh dnegan waktu 15 menit. Sedangkan jarak tempuh ke kabupaten adalah 55 km yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam.


    Kondisi Wilayah Dan Ciri Geologis Wilayah
    Luas wilayah desa adalah 611.597 Ha. Luas lahan yang ada terbagi ke dalam beberapa peruntukan yang dapar dikelompokkan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, perkebunan, kegiatan ekonomi dan lain-lain.Luas lahan unutk pemukiman adalah 51.250 Ha. Luas lahan yang digunakan untuk pertanian adalah 310.402 Ha. Luas lahan untuk ladang dan perkebunan adlaah 200.034 Ha. Sedangkan luas untuk fasilitas umum adlaah sebagai berikut: untuk perkantoran 0,300 Ha sekolah 0,460 Ha, olahraga 0,540 Ha dan tempat pemakaman umum 0,275 Ha.
    Wilayah Desa Tirtomoyo secara umum mempunyai ciri geologis berupa lahan tanah subur yang cocok digunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Kesuburan tanah di Desa Tirtomoyo sanagt subur yang memungkinkan untuk menanam palawija. Berdasarkan data yang masuk, jenis palawija seperti singkong, jagung, ubi jalar, serta tanmaan buah seperti pisang juga dapat membantu menjadi sumber pemasukan yang cukup handal bagi penduduk desa sini. Tanaman perkebunan seperti salak pondo dan tebu juga menjadi tanaman handalan. Kondisi alam inilah yang menjadi sumber pendapatan dari warga desa ini.

    Demografis/ Kependudukan
    Berdasarkan data dan administrasi pemerintahan desa tahun 2010. Jumlah penduduk Desa Tirtomoyo adlaha 5.418 jiwa dengan rincian 2774 laki-laki dan 2.644 perempuan. Jumlah penduduk demikian ini tergabung dlaam 1.416 KK.

    Mata Pencaharian
    Secara umum mata pencaharian warga masyarakat Desa Tirtomoyo dapat teridentifikasi ke dalam beberapa sektor, yaitu pertanian, jasa/perdagangan, industri dan lain-lain. Berdasarkan data yang ada di sektr pertanian berjumlah 4.250 orang, di sektor jasa berjumlah 168 orang, di sektor industri 48 orang dan yang bekerja di sektor lain-lain 952 orang. Dengan dmeikian jumlah penduduk yang mempunay 

  • 0 comments:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.

    Facebook